728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Monday, 30 March 2015

Hamas Dukung Serangan Koalisi Teluk di Yaman

MUHARRIKDAKWAH, Gaza – Gerakan perjuangan Hamas menyatakan dukungannya terhadap keabsahan konstitusi Yaman, yang sekaligus merupakan dukungan kepada Presiden Abd Rabbuh Mansour Hadi. Pesan ini dinilai sebagai bentuk dukungan mereka atas kampanye militer negara Teluk.

“Hamas berdiri bersama keabsahan di Yaman,” demikian pernyataan Hamas pada Sabtu (28/03).

Dalam pernyataan tersebut Hamas mendukung pilihan demokratis rakyat Yaman. “Kami menggarisbawahi pentingnya persatuan, keamanan dan stabilitas Yaman,” lanjut pernyataan itu.

Pernyataan ini dinilai merupakan pesan pertama yang disampaikan Hamas, sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye militer negara Teluk terhadap kelompok Syiah Hautsi di Yaman. Meskipun kelompok pejuang Palestina itu tidak secara langsung menyebutkan hal itu dalam pernyataannya.

Kekacauan di Yaman berawal ketika pemberontak Syiah Hautsi mengepung ibukota Sanaa bulan September 2014 lalu. Ketika berhasil menduduki ibukota mereka pun terus berusaha memperluas pengaruh mereka ke wilayah lain.

Semakin memburuknya situasi di Yaman akhirnya mendorong koalisi negara Teluk melancarkan serangan udara, yang dimulai pada Rabu (25/03). Perwakilan negara Teluk menyatakan bahwa serangan itu sendiri dilakukan atas permintaan presiden Yaman, untuk melindungi rakyatnya dari ancaman pemberontak Syiah Hautsi. [middleeasteye/kiblat]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Hamas Dukung Serangan Koalisi Teluk di Yaman Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah