728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 7 March 2015

Haniya Seru Segera Terapkan Putusan PLO

MUHARRIKDAKWAH, Gaza - Wakil biro politik Hamas, Ismail Haniya mengatakan, Jumat (6/3) bahwa ujian nyata bagi putusan pimpinan PLO adalah dengan menghentikan kerjasama keamanan dengan penjajah Israel, dalam keseriusan dan penerapan segera, dan menghindarkan diri dari kelemahan wibawa dan penurunan nilai.

Dalam khutbah Jumat di Masjid Al-Katibah, Gaza, Haniya menyeru untuk segera menghentikan kerjasama keamanan, dan perundingan damai dengan penjajah zionis Israel.

Haniya mengkhawatirkan terjadinya perubahan keputusan Masjlis Perjuangan Pusat, dan kemungkinan hanya sebagai rekomendasi yang bisa diubah kemudian.

Haniya menegaskan pentingnya membangun strategi Palestina bersatu, dan menyatukan barisan internal dengan kesetaraan dan konsep kebersamaan, bergabung dengan pengadilan pidana internasional, guna mengadili pimpinan penjajah zionis, dan menghilangkan hambatan rekonsiliasi nasional.

Majlis Pusat Perlawanan Palestina (PLO) menggelar pertemuan dengan beberapa hasil, antara lain menghentikan kerjasama keamanan dengan penjajah zionis dalam segenap bentuknya, dan bertanggungjawab terhadap bangsa Palestina.

Rekonsiliasi

Mengenai rekonsiliasi, Haniya mengatakan, kereta pemerintah persatuan belum tiba di stasiun yang diharapkan, yaitu menerapkan semua kesepakatan rekonsiliasi.

Menurut Haniya, ada lima capaian kesepakatan dalam rekonsiliasi, yaitu pembentukan pemerintahan, mengaktifkan parlamemen, menggelar pemilu legislative, dan rekonsiliasi social, mengaktifkan kerja pimpinan Organisasi Pembebasan Palestina.

Pemerintah terbentuk, namun sejumlah persoalan lain tertunda, disebutkan bahwa tokoh pimpinan Palestina belum berkumpul sejak pembentukan pemerintah.

Pemerintah harus bertanggung jawab di Gaza dan Tepi Barat. Ada tiga tugas penting di pemerintahan, yaitu rekonstruksi Gaza, daftar hadir pemilu, dan menyatukan lembaga Palestina di Gaza dan Tepi Barat.

Ditegaskannya bahwa persoalan Palestina memanage kehendak politik, sehingga warga bisa pokus kepada Al-Quds dan Al-Aqsha. [qm/infopalestina.com]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Haniya Seru Segera Terapkan Putusan PLO Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah