728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Tuesday, 24 March 2015

Inilah Ucapan Kasih Sayang Tiada Tara

MUHARRIKDAKWAH - RASULULLAH Shalallahu ‘alaihi Wasallam bersabda; “Kalian tak akan masuk surga sampai kalian beriman dan saling mencintai. Maukah aku tunjukkan satu amalan bila dilakukan akan membuat kalian saling mencintai? Yaitu, sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR Muslim dari Abu Hurairah).

Inilah petuah dari Rasulullah saw yang tercinta kepada para umatnya supaya saling mencintai. Salam mengandung doa kepada Allah swt, untuk meminta keselamatan kepada orang yang kita sapa.

Coba perhatikan dengan seksama arti salam berikut ini: Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, arti: “Semoga kedamaian dilimpahkan kepadamu diiringi dengan Rahmat dari Allah dan juga Berkah dari Allah untukmu.”

Kita mendoakan supaya kedamaian dan keselamatan, dilimpahkan kepada saudara kita. Kita juga mendoakan supaya rahmat Allah diberikan kepada saudara kita. Sekaligus kita juga meminta kepada Allah supaya keberkahan Allah diberikan kepada saudara kita.

Arti yang luar biasa dan sangat indah bukan? Inilah doa. Apabila kita mendoakan saudara kita secara langsung tentu saudara kita akan mencintai kita. Sehingga tanda dari rasa cintanya, ia akan membalas doa kita dengan yang setimpal atau lebih. Yakni, dengan ungkapan: Wa’alaikumsalam Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Menjawab salam adalah wajib. Tidak menjawabnya kita akan mndapatkan dosa. Orang yang memulai salam adalah amalam sunnah yang sangat dianjurkan.

Jika orang memberikan kita salam dengan hanya ungkapan, Assalamu’alaikum, maka kita dianjurkan untuk menjawabnya dengan lebih lengkap. Sebab kita dianjurkan untuk membalas doanya dengan doa yang lebih. Inilah etika salam dan yang dianjurkan oleh Rasulullah saw.

Salah satu yang harus kita waspadai adalah penggunaan singkata-singkatan dalam mengungkap salam, apabila kita menyapa menggunakan perangkat elektronik sekarang ini. Misalkan, ada salam dengan hanya menulis ‘Ass.’

Jika kita melihat kata “Ass” dalam bahasa Inggris, artinya adalah –maaf– “pantat atau bokong’. Meskipun maksud kita adalah salam, sepantasnya kita tidak menulis dengan singkatan seperti ini.

Kita mampu menulis status BBM yang panjang, status facebook yang luar biasa detail. Berkicau terus di twitter, apa beratnya kita menulis dengan doa yang sempurna. Tulislah saja Assalamu’alaiku. Toh space di handphone, atau gadget kita tidak akan berkurang, justru amal kita bertambah, dan pesan kita tersampaikan dengan sempurna.

Di zaman Rasulullah saw, ucapan salam juga pernah dipelesetkan oleh orang-orang Yahudi, mereka berkata tatkala bertemu Rasulullah dengan ucapan: Assaamu’alaikum. Arti dari kata ini adalah “Semoga kematian atasmu.” Maka pada saat itu Rasulullah saw menjawab salam mereka dengan ungkapan Alaikum, artinya; “Begitu juga dengan kalian.”

Ungkapan ini kemudian diajarkan oleh rasulullah saw apabila kita diberi salam oleh orang-orang kafir. Cukuplah jawab dengan “Alaikum.” Demikianlah, dan segala puji hanya kepada Allah swt. [*fajar]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Inilah Ucapan Kasih Sayang Tiada Tara Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah