728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Tuesday, 17 March 2015

Melunak pada Bashar Assad, AS Dorong Upaya Negosiasi

MUHARRIKDAKWAH, Washington – Amerika Serikat mulai melunak dengan rezim Bashar Assad yang telah membunuh 200 ribu lebih warga Suriah. Untuk pertama kalinya, AS menyatakan bernegosiasi dengan Bashar Assad sangat memungkinkan untuk menyelesaikan konflik Suriah yang memasuki tahun kelima pada Ahad (15/03).

“Ya, kami harus bernegosiasi pada akhirnya. Kami selalu siap bernegosiasi dalam konferensi Jenewa 1,” kata John Kerry, Menteri Pertahanan AS, dalam perbincangan dengan televisi CBS, Ahad. Ia menegaskan bahwa AS mengerahkan segala upaya untuk merealisasikan solusi politik untuk mengakhiri konflik Suriah.

Ia mengatakan bahwa Bashar Assad lah yang tidak ingin bernegosiasi. AS selalu siap dalam upaya negosiasi untuk menyelesaikan konflik di negara tersebut.

“Jika telah siap melakukan negosiasi serius di Jenewa 1, tentu saja, dan jika orang-orang telah siap. Untuk itu, kami terus mendorong untuk merealisasikan hal itu,” kata Kerry ketika menjawab pertanyaan presenter tentang kesiapan AS dalam negosiasi.

Kerry mengaku, kendati negaranya telah memimpin koalisi untuk memerangi ISIS di Iraq dan Suriah, Washington terus berupaya menyelesaikan konflik di Suriah.

Untuk itu, lanjutnya, kami telah melatih oposisi “moderat” Suriah. Kami juga mengikuti jalur diplomatik dan melakukan pembicaraan dengan sejumlah pemain kunci dalam konflik ini.

Perlu dicermati, selama ini Amerika Serikat getol menuntut Bashar Assad mundur dari jabatannya sejak meletusnya konflik berdarah di Suriah. Akan tetapi, setelah lima tahun dan munculnya ISIS yang dianggap musuh bersama, AS mulai melunak kepada Bashar Assad.

Bahkan, beberapa waktu lalu Direktur CIA menegaskan bahwa AS tidak menginginkan Bashar Assad lengser dari kursi presiden.

Di sisi lain, faksi-faksi pejuang yang berada di lapangan menolak delegitimasi Bashar Assad. Mereka menganggap bahwa rezim pembantai itu sudah tidak ada lagi di Suriah. Sehingga, menyelesaikan konflik Suriah dengan melibatkan Bashar Assad, mujahidin menganggapnya hanya pembodohan. [kiblat.net]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Melunak pada Bashar Assad, AS Dorong Upaya Negosiasi Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah