728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Friday, 20 March 2015

Parlemen Kelantan Malaysia Setujui Penerapan Hukum Hudud

MUHARRIKDAKWAH - BADAN legislatif negara bagian Kelantan Malaysia dengan suara bulat mengeluarkan amandemen KUHP Kamis kemarin (19/3/2015) yang bisa melakukan hukum hudud di bawah aturan Syariah, lapor Anadolu Agency.

Amandemen KUHP Syariah II 1993 telah disetujui oleh 44 anggota yang hadir di majelis, 32 di antaranya berasal dari Partai Islam SeMalaysia (PAS). Namun, pemerintah federal dapat memblokir amandemen.

Ahmad Yakob, menteri Kelantan , mengatakan bahwa RUU itu tidak menerima keberatan dalam sesi pasca-debat, dan hukum hudud akan dilaksanakan secara bertahap, dimulai dengan pendidikan hukum Islam bagi penduduk Kelantan.

Di bawah proposal ‘hudud’, hukuman seperti cambukan dan potong tangan dapat diterapkan untuk kejahatan seperti kemurtadan, mengkonsumsi alkohol dan praktek seksual ilegal.

Langkah ini telah menyebabkan perpecahan dalam koalisi oposisi nasional di mana PAS termasuk anggotanya. Proposal hudud, dikecam oleh Partai Aksi Demokrat dan Partai Keadilan Rakyat (PKR), yang membentuk oposisi Pakatan Rakyat bersama dengan PAS.

Dalam tanggapan langsung hari Kamis kemarin, PKR – yang dipimpin oleh Anwar Ibrahim – mengutuk penyetujuan RUU hudud sebagai bertentangan dengan semangat komitmen yang dibuat oleh partai lain di Pakatan Rakyat.

Dalam sebuah pernyataan, kepemimpinan partai mengatakan PAS seharusnya mempertimbangkan dan berkonsultasi dengan mitra-mitranya sebelum mendorong agenda sendiri tentang pelaksanaan hukum pidana Islam.[fq/islampos]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Parlemen Kelantan Malaysia Setujui Penerapan Hukum Hudud Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah