728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Monday, 16 March 2015

Pejabat Qatar Serukan Dunia Tepati Janjinya Benahi Gaza

MUHARRIKDAKWAH, Gaza - Seorang pejabat Qatar menyerukan negara-negara dunia menepati janjinya yang pernah mereka tegaskan terhadap Jalur Gaza.

Duta Qatar yang juga ketua Lembaga Qatar untuk Rekontruksi, Muhammad Imadi Gaza mengatakan dalam wawancaranya dengan kantor berita Anadolu Turki kemarin Sabtu, banyak negara sudah berjanji berkali-kali akan memberikan bantuan merekontruksi Jalur Gaza namun mereka tak menepati janjinya.

Imadi yang mengunjungi Jalur Gaza saat ini menegaskan, negara Qatar mengerahkan upayanya sebesar mungkin mendorong negara-negara tersebut memikul tanggungjawab terhadap Jalur Gaza. “Dulu mereka tidak komitmen apapun dan kami berusaha sekarang masyarakat dunia dan ada prakarsa baik. Washington menyumbang 10 juta dolar. Ada negara Eropa akan memberikan bantuan. Saudi dan Kuwait juga. Bahkan Norwegia berusaha membuka sebuah biro khusus setelah Qatar membukanya biro khusus rekontruksi Gaza.

Sejumlah negara dan pihak berjanji yang ikut serta dalam konferensi Kairo untuk Rekontruksi Gaza pada Oktober tahun untuk memberikan 5,4 milyar dolar, 2,6 milyar di antaranya untuk rekontruksi Gaza dan sisanya 2,8 milyar untuk anggaran pemerintah Palestina selama tiga tahun.

Pejabat Qatar ini meneagskan, negaranya berusaha menepati janjinya terhadap Jalur Gaza. Qatar sudah memberikan banyak kepada Jalur Gaza dan lebih banyak dari yang dijanjikan. Ini bukan pemberian namun kewajiban nasional dan agama. Yang kami berikan sangat sedikit sebab kebutuhan di sana sangat banyak, tegas Imadi.

Imadi menegaskan, dirinya tiba di Jalur Gaza melalui perlintasan Eirez “Bethanun” yang dikendalikan oleh pemerintah Israel karena menutup Rafah yang menghubungkan antara Gaza dan Mesir. Perlintasan Rafah ditutup dan jalan dari Kairo sangat sulit. “Kami meminta Mesir memberikan kemudahan masuk Gaza beberapa kali namun mereka mereka mengatakan situasi keamanan tidak tepat karena itu kami melakukan koordinasi dengan Otoritas Palestina untuk melintas melalui Erez.” Tegasnya.

Koordinasi dengan Tepi Barat

Imadi menegaskan, dirinya bertemu dengan pejabat Israel berkoodinasi dengan Otoritas Palestina untuk membahas kebutuhan proyek-proyek yang direalisasikan Qatar berupa bahan mentah dan membahas mekanisme memasukkannya melalui perlintasan Israel dengan Jalur Gaza.

Bahan semen sudah masuk Jalur Gaza dan membuat sejumlah mekanisme soal proyek Qatar di Jalur Gaza.

Imadi tiba di Jalur Gaza pada Senin lalu dan menyatakan saat tiba di Jalur Gaza untuk memulai proyek Qatar untuk membenahi kerusakan akibat agresi Israel terakhir dengan membangun 1000 unit hunian dengan dana 1 milyar dolar.

Bantuan Qatar tahap pertama mencapai 407 juta dolar terus berjalan dan hanya bisa dibelanjakan sepertiganya karena minimnya bahan bangunan dan ada bantuan baru sebanyak 1 milyar yang akan berlanjut membuka perlintasan Jalur Gaza.

Qatar mendanai 5 ribu unit bangunan, 4 di antaranya dari bantuan tahap pertama dan seribu unit lainnya khusus untuk warga yang terusir karena perang.

Pada Oktober 2012 Qatar menyumbangkan 407 juta dolar untuk rekontruksi Gaza melalui realisasi proyek strategi dan aktiv di Jalur Gaza.

Qatar juga akan berusaha memberikan solusi krisis listrik yang dialami Jalur Gaza. [at/infopalestina.com]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pejabat Qatar Serukan Dunia Tepati Janjinya Benahi Gaza Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah