728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Friday, 10 April 2015

Fahri Hamzah Dorong Pemerintah Membuat Proposal Penanggulangan Bencana

MUHARRIKDAKWAH, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah mendorong pemerintah pusat untuk membuat proposal komprehensif penanggulan bencana. Selama ini pemerintah pusat belum memiliki agenda komprehensif untuk penanganan bencana, sehingga bantuan bencana menjadi parsial dan tidak sistematis.

“Kita tidak pernah memetakan secara detail permasalahan, sehingga tidak ada penanganan bencana yang komprehensif. Pemerintah pusat tidak punya proposal yang komprehensif. Kalau ada proposal maka kami di DPR akan memasukkan dalam anggaran penyelesaian masalah. Kalau ini bisa dilakukan segera, maka bulan Agustus bisa dibahas untuk ditetapkan dalam APBN 2016.” Ujar Fahri dalam kunjungannya ke Kabupaten Karo Sumatera Utara, membawa bantuan DPR untuk korban Erupsi Gunung Sinabung, Kamis (9/4).

Tanpa langkah komprehensif, kata dia, maka kebijakan penanggulangan bencana tambal sulam. Dia mencontohkan berbagai kebijakan yang diambil pemerintah, bukannya mengurangi masalah malah membuat masalah baru.

“Seperti korban erupsi Sinabung, masyarakat diberikan bantuan untuk sewa rumah, tapi tidak diberikan biaya untuk hidup, sementara lahan tempat mereka menggantungkan hidup saat ini tidak lagi bisa dimanfaatkan. Bagaimana mereka mau hidup?,” tanya Fahri.

Contoh lainnya, mereka direlokasi ke tempat yang jauh, mereka butuh biaya untuk transportasi. Ada juga warga yang disewakan tanah untuk digarap, tapi tanah yang disewa juga terkena dampak erupsi, sehingga tidak bisa digunakan untuk bercocok tanam. “Untuk apa kalau begitu lahan disewa?,” ujar Fahri heran.

Dia menegaskan, kedatangan Jokowi melihat situasi Sinabung dan janji Jokowi untuk membantu masyarakat di sekirar lokasi bencana akan membuat DPR mudah menagih janji tersebut kepada pemerintah, karena menurutnya bagaimanapun penanggulan bencana adalah domain pemerintah.

“Saya tahu presiden sudah pernah kesini dan tentunya itu semua ada di memori presiden, sehingga kita akan mudah menagih janjinya. DPR saya harapkan juga bisa membentuk kaukus khusus supaya ada yang bisa ditanyakan secara tajam seperti soal ekskusi,implementasi,” tegasnya.

Anggota Komisi 8 DPR RI, Abdul Fikri mengatakan Komisi VIII sudah dan akan terus memanggil pihak-pihak terkait penanggulan bencana. Sejauh ini komisi VIII sudah memanggil kementrian lingkungan hidup dan kehutanan, kementrian sosial, kementrian PU, aparat keamanan seperti TNI Polri dan juga kementrian pertanian guna membentuk panja penanggulangan bencana untuk membuat regulasi yang komprehensi. “Kita sudah panggil semua stakeholder agar ada regulasi yang komprehensif,” tegasnya. [fmc/fajar]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Fahri Hamzah Dorong Pemerintah Membuat Proposal Penanggulangan Bencana Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah