728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Sunday, 19 April 2015

Lina Jarboni, Sudah 14 Tahun Mendekam di Penjara Israel

MUHARRIKDAKWAH, Ramallah - Tawanan Palestina Lina Jarboni (39) asal wilayah Palestina terjajah tahun 1948, telah memasuki tahun ke-14 di dalam penjara Zionis dari total 17 tahun yang harus dia jalani.

Penjajah Zionis menangkap Lina Jarboni pada 18 April 2002 lalu dengan tuduhan ikut dan bergabung dengan aksi-aksi perlawanan menentang penjajah Zionis dan dia mendekam di penjara Israel Hasharon khusus untuk tawanan wanita Palestina.

Lina Jarboni adalah tawanan wanita Palestina terlama yang mendekam di dalam penjara Zionis dan paling tinggi hukumannya. Dia diposisikan sebagai seorang ibu dan guru di antara para tawanan wanita Palestina yang mendekam di dalam penjara Zionis. Jumlah tawanan wanita Palestina yang saat ini mendekam di penjara Zionis sebanyak 25 orang.

Di awal penahanannya dia penjalani interogasi dan tekanan keras dari para penyidik Israel. Dia juga menderita sejumlah penyakit di dalam penjara, lama dia dilarang dikirimi sendal medis karena dia mengalami sakit di kedua kakinya.

Sama seperti para tawanan wanita Palestina lainnya, Lina Jarboni mengalami kondisi penahanan yang sulit dan keras. Di antara para tawanan wanita yang sakit juga mengalami pengabaian layanan medis secara sengaja di dalam penahanan.

Direktur Pusat Kajian dan HAM “Ahrar”, Fuad Khafash, meminta pentingnya langkah untuk membebaskan seluruh tawanan wanita Palestina. Dia menegaskan pentingnya mereka semua masuk dalam pertukaran pembebasan tawanan bila terjadi kembali, agar mereka terbebas dan penahanan, serta keras dan dzalimnya penahanan. [asw/infopalestina.com]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Lina Jarboni, Sudah 14 Tahun Mendekam di Penjara Israel Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah