728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Sunday, 26 April 2015

Pidato 3 Tokoh Pemimpin di KAA

MUHARRIKDAKWAH - Alhamdulillaah... Perhelatan 10 tahunan, Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 berakhir sudah dengan sukses.

Diantara deretan sukses penyelenggaraan KAA, paling tidak ditorehkan ke-3 tokoh pemimpin dalam hal berpidato:

1. Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Berpidato dihadapan para pemimpin Asia Afrika dalam opening ceremony di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (22/4/2015), dalam teks pidato berbahasa Indonesia (karena beliau seorang nasionalis 'sejati'... jangan su'uzhan lho) yang beliau bacakan memuat 'kritikan' sekaligus 'sentilan' terhadap PBB yang selama ini mudah di intervensi oleh negara adidaya (kabarnya membuat kuping pemimpin negara Paman Sam merah dan melayangkan protes terhadap Mr. Presiden) dan Penegasan dukungan untuk Kemerdekaan Palestina (meskipun terkesan politis dan hingga saat ini belum ada actionnya, kita sabar menunggu lah).

2. Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, Lc, sukses memimpin khutbah jum'at (24/4) dalam 3 bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris) dihadapan para pemimpin muslim negara Asia Afrika dan ribuan jama'ah shalat jum'at, Kang Aher menegaskan kembali bahwa bangsa Asia Afrika harus bersatu, tidak boleh terpecah belah sebab persatuan akan melahirkan kekuatan, kebersamaan dan kesejahteraan, sementara perpecahan hanya akan menimbulkan kelemahan dan penjajahan.

Konferensi Asia Afrika yang mengangkat tema penolakan atas segala bentuk kolonialisme dan imperialisme, telah berhasil dengan baik. Saat ini, seluruh negara Asia Afrika telah berhasil mengusir penjajah dan meraih kemerdekaannya, kecuali satu negara yaitu Palestina yang hingga kini masih terus berjuang untuk mendapatkan kemerdekaannya. Adalah KEWAJIBAN kemanusiaan bagi Bangsa-bangsa Asia Afrika, untuk terus mendorong dan membantu KEMERDEKAAN Bangsa PALESTINA.

3. Walikota Bandung, Ridwan Kamil (Kang Emil). Tampil elegan, tegas, berwibawa dengan mengenakan stelan jas dan berpeci (menandakan seorang nasionalis).

Ridwan Kamil membacakan DASA SILA BANDUNG dalam bahasa Inggris di Gedung Merdeka, Jl Asia Afrika, Bandung, Jumat (24/4/2015) dan menutup pidato dengan kata “Hatur Nuhun” (bahasa sunda) yang berarti terima kasih.

Berikut adalah petikan Pidato Ridwan Kamil dengan ‪#‎HaturNuhun‬ yang Mendunia (diambil dari akun youtube Herdiana Her).

“Saya Ridwan Kamil, wali kota Bandung. Saya ingin mengucapkan selamat datang kepada para delegasi Konferensi Asia Afrika di kota Bandung. ”

“Selamat datang untuk macan Asia dan singa Afrika”

“Selamat datang di Bandung. Ibu kota Asia Afrika dan kota pertama yang ramah HAM,”

Kata Ridwan Kamil, mengawali pidatonya dalam bahasa Inggris, yang kemudian diakhiri dengan ucapan salam dalam bahasa Sunda, “Hatur nuhun.”

Alhamdulillaah....


Oleh: Deden Setiawan (KDBP)
Cimahi, 26/4/2015
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pidato 3 Tokoh Pemimpin di KAA Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah