728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Tuesday, 28 April 2015

Politisi Demokrat Sebut Pemerintah Adu Domba Maluku dengan NTT

MUHARRIKDAKWAH, Ambon - Pemerintah pusat dinilai tengah melakukan upaya curang dalam guna menyingkirkan Maluku dari hak pengelolaan gas Alam Blok Masela. Caranya, pemerintah sengaja menciptakan kisruh perebutan hak kelola antara Maluku dan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dengan begitu pemerintah akan mudah mengambil alih sepenuhnya Blok Masela.

Demikian pandangan yang disampaikan Ketua Fraksi Demokrat DPRD Maluku, Melky Frans didepan Komisi VIII DPR RI saat kunjungannya ke Ambon, Senin (27/4). Menurutnya, perjuangan Maluku untuk mendapatnkan PI 10 persen selama tujuh tahun seolah-oleh dibuyarkan oleh pengakuan NTT agar mendapat hak yang sama.

“Skenarionya, jika ada dua provinsi yang minta hak kelola, maka pempus bisa tunjuk Pertamina untuk kelola. Apa maksud semua ini,” ketus Melkias.

Dikatakan, jika anggapan ini benar maka hal itu sangat mencederahi kepercayaan masyarakat Maluku terhadap pemerintah pusat. Masyarakat kesal jika terus-menerus menerima janji tanpa bukti.

Sementara itu, menanggapi keluhan tersebut, Anggota Komisi VII DPR RI Mercy Barends, yang juga adalah wakil Maluku di Senayan memberikan catatan kritis terhadap Kementrian ESDM.Khususnya dibagian mineral dan batu bara (Minerba).

Mercy mencontohkan tambang-tambang yang tidak harus diekspor keluar, tetapi diloloskan. Sementara PI 10 persen yang sesuai aturan UU malah diplintir.

“Kenapa terjadi dikotomi dan diskriminasi seperti ini? Jangan persoalkan internal kami di Maluku sehingga hambat penetapan pengelolaan PI 10 persen. Dalam forum ini, saya berikan catatan kepada kementrian ESDM untuk jangan menganaktirikan Maluku,” tandasya.

Demikian juga disampaikan, Setya W Yudha, menurutnya, aspirasi dan keluhan yang disampaikan dalam kunker ini akan ditindaklanjuti. Salah satunya komisi akan mengagendakan rapat bersama Mentri ESDM terkait PI 10 persen.

“Dalam rapat nanti, komisi akan mengundang Gubernur Maluku maupun para pimpinan di DPRD Maluku,” terangnya. [iqi/fajar]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Politisi Demokrat Sebut Pemerintah Adu Domba Maluku dengan NTT Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah