728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Friday, 8 May 2015

Indonesia Keluar Sebagai Juara Umum di Ajang ISPRO 2015

MUHARRIKDAKWAH, Jakarta - Olimpiade Sains Terapan Dunia atau "International Science Project Olympiad" (ISPRO) ke-3 telah selesai digelar 4-8 Mei di Jakarta. Tim Indonesia keluar sebagai juara umum dengan perolehan empat medali emas, tiga medali perak dan dua medali perunggu.

Menyusul peringkat di bawahnya, Bosnia dan Herzegovina dan Tajikistan yang masing-masing memperoleh satu medali emas, dua medali perak, dan satu perunggu.

Empat medali emas yang diraih Indonesia masing-masing berasal dari kategori Kimia, diraih Dinda Clarissa Aulia dan Klarina Elsa Siti Sarah dengan proyek penelitian “Henna Leaf: Biodegradable and Natural Softener Textile Dyes”.

Kategori Biologi diraih Krissanti Putrika Adiwijaya dengan proyek penelitian “Osteodrink From Kolang-kaling and Kersen Leafs Extract as Calcium and Floestrogen Supplements in Osteoporosis Prevention”; kategori Teknologi diraih Ahmad Habib Almutawakkil dan Prasetyo Langgeng Utomo dengan proyek penelitian “POSTWEC (Power Stand-Up Electric Wheelchair)”.

Sedangkan, untuk kategori Lingkungan diraih Irham Syarif dan Ahmad Abrar dengan proyek penelitian “Pollutants Leads Absorber Helm Masker by Using Mahogany Leaf and Jackfruit Leaf”.

Achmad Jazidie, Dirjen Pendidikan Menengah Kemdikbud menyampaikan, olimpiade sains terapan ini menjadi bukti bahwa generasi muda saat ini kreatif dalam menyelesaikan persoalan. "Kegiatan ini selain memberi solusi nyata untuk permasalahan dunia, juga menjadi wadah membangun jejaring sesama pelajar dari seluruh dunia," ujar Jazidie.

Olimpiade ini diikuti pelajar berusia 14 hingga 18 tahun yang berasal dari 29 negara. Dalam ajang yang ketiga kalinya ini, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah.


Sumber : Kemdikbud/edupost.id
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Indonesia Keluar Sebagai Juara Umum di Ajang ISPRO 2015 Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah