728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 20 June 2015

ACT Bersama MRI Sukses Menggelar Volunteer Camp di Bandung

MUHARRIKDAKWAH, Bandung – Disaster Management Institute of Indonesia/DMII – ACT bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Pusat, sukses menggelar “Volunteer Camp” (VC) Bandung 2015, bertema: "Buktikan Semangat Kepedulianmu", di Situ Cileunca, Pangalengan Bandung, Sabtu-Minggu (12-13/6).

Sebanyak 110 peserta dari berbagai macam profesi dan perwakilan 7 kabupaten daerah dari Jawa Barat, Peserta yang hadir dalam kegiatan ini terdiri dari 7 kabupaten (Bekasi, Sumedang, Bandung, Kota Bandung, Sukabumi, dan Bogor) di Jawa Barat mengikuti kamp pelatihan ini.

“Kegiatan ini juga menjadi salah satu ajang recruitment volunteer di Bandung karena didasarkan pada keyakinan bahwa pemuda pasti ingin berkontribusi dalam kegiatan kemanusiaan. Harapan ke depannya jika sudah bergabung semangat mereka bertambah dan terus memberikan ide-ide baru untuk memajukan ACT,” ujar Ikbal, Koordinator Program ACT Cabang Bandung

“Seperti pelatihan sebelumnya yang sudah diadakan di Ciputat beberapa waktu lalu, peserta dalam kegiatan ini mendapatkan berbagai pemahaman dasar tentang kerelawanan, total disaster management, medis, kelembagaan ACT, outbound based on disaster game, fire rescue dan water rescue. Kami berharap para alumni VC menjadi agen kebaikan di wilayah dan daerahnya masing-masing,” tambah Muhammad Affan, dari DMII ACT Pusat.

Fathur salah satu peserta asal Bandung mengaku awalnya bingung jika ia melihat ada bencana dan ingin terlibat membantu. Setelah memutuskan mengikuti VC semua kebingungannya terjawab, dan ia menemukan ternyata dunia kerelawanan sangat menarik. “Alhamdulillah saya dapat ilmu baru, mindset baru dan ketemu orang-orang hebat di VC. Semoga semakin bertambah jumlah orang yang memiliki jiwa kerelawanan dan bergabung dengan ACT agar bisa bermanfaat untuk banyak orang,” tutur Fathur.

Sementara Vivi, pemudi wakil Subang mengatakan dirinya bersyukur dapat mengikuti kamp ini dan bergabung kedalam wadah MRI. Saya juga jadi banyak teman serta dapat ilmu baru. Lebih bagus kalau ACT mengadakan pelatihan semacam ini ke seluruh Indonesia,” ujar Vivi..

“Volunteer Camp” adalah sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia. “Selain menjadi ajang rekrutmen relawan, VC merupakan tanggungjawab sebagai lembaga sosial kemanusiaan dalam edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya nilai kerelawanan,” jelas Affan, yang kemudian menyampaikan VC berikutnya akan berada di Aceh.


Sumber : act.id
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: ACT Bersama MRI Sukses Menggelar Volunteer Camp di Bandung Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah