728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Monday, 8 June 2015

Bukan Hanya Ijazah Palsu, Skripsi juga Bisa Dibeli

MUHARRIKDAKWAH - Tidak hanya ijazah yang dapat diperjual belikan, skripsi juga bisa. Karakter buruk sejumlah mahasiswa yang tidak mau bekerja keras menyusun skripsi dinilai sebagai pemicu maraknya bisnis pembuatan skripsi.

“Sekarang kan banyak mahasiswa yang malas menyusun skripsi. Nah itu dimanfaatkan oleh orang-orang pintar tapi kurang bertanggungjawab. Para sarjana yang skripsinya cepat disetujui kampus dan nilainya baik akhirnya mencoba membangun bisnis pendampingan pembuatan skripsi,” kata Mutiara Pra Fitri, seorang mahasiswa AA YKPN Yogyakarta.

Muti menambahkan, sudah banyak teman-temannya yang memiliki modal keuangan yang kuat mendatangi tempat pendampingan pembuatan skripsi. Awalnya, bisnis seperti ini memang hanya menawarkan jasa pendampingan pembuatan skripsi, tetapi pada akhirnya klien juga ditawari jasa pembuatan skripsi asalkan bersedia membayar sejumlah uang dalam jumlah besar.

“Para mahasiswa yang tadinya cuma minta didampingi oleh penyedia jasa, akhirnya bisa langsung dibuatin skripsinya setelah membayar uang dalam jumlah besar,” ujar Muti. “Jadinya kan tidak perlu repot menyusun skripsi, tinggal bayar saja bisa jadi skripsinya,” lanjut Muti.

Saat ini, lanjut Muti, banyak sekali penyedia jasa seperti ini. Mereka berkedok jasa pendampingan dan konsultasi skripsi. Dan pelanggannya adalah mahasiswa kaya yang enggan bersusah payah menyusun skripsi.

Menurutnya, kenyataan ini membuktikan bahwa kualitas pendidikan Indonesia masih belum layak disebut berkualitas. Selain itu, fenomena seperti ini sangat memalukan bangsa kita di mata dunia, jika sampai tercium oleh bangsa lain. 


Sumber : edupost.id
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Bukan Hanya Ijazah Palsu, Skripsi juga Bisa Dibeli Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah