728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Sunday, 28 June 2015

Fitri: Cegah Korupsi dengan Metode Cerita dan Afirmasi Positif

MUHARRIKDAKWAH - Korupsi di Indonesia menjadi kasus yang sering ditemui. Cara mencegahnya ialah dengan menanamkan nilai-nilai anti korupsi sejak masa kanak-kanak. Salah satu metodenya adalah Metode Cerita dan teknik Afirmasi Positif. Radhiatul Fitri, finalis Mahasiswa Berprestasi Nasional 2015 mengatakan hal ini kepada Edupost.ID di kampus 1 UAD, Jalan Kapas Semaki, Yogyakarta.

Metode tersebut merupakan gagasan yang ia tuangkan dalam karya tulis Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) 2015. Karya itu telah mengantarkannya meraih tiket 15 besar Mawapres Dikti tahun ini.

Gadis yang akrab dipanggil Fitri ini menambahkan, metode yang ia buat bersifat jangka panjang. “Metode ini merupakan metode jangka panjang untuk mencegah korupsi,” ujarnya. Penanaman sikap anti korupsi pada anak-anak saat sekarang, kata Fitri, merupakan tabungan berharga di masa depan.

“Kita memberikan buku-buku cerita yang berisi sikap anti korupsi kepada anak untuk mereka konsumsi. Menurutnya, melalui cerita akan tertanam dalam hati mereka bahwa korupsi harus ditinggalkan. “KPK saat ini mulai membuat buku cerita anti korupsi sebagai bacaan anak, hal itu sangat bagus,” imbuh Fitri.

Afirmasi positif juga dapat digunakan untuk menanmkan sikap anti korupsi kepada anak. Hal ini bisa dilakukan oleh orang tua. Seorang ibu, kata Fitri harus sering memberikan afirmasi positif kepada anaknya tentang anti korupsi. Misalnya dengan kalimat “Nak, kalau kamu sudah besar harus menjadi orang yang jujur”. Jika afirmasi positif seperti ini terus diberikan kepada anak, maka secara tidak langsung anak akan memiliki kesadaran untuk berlaku jujur.

“Ini kan metode pencegahan korupsi jangka panjang. Jadi sambil menerapkan metode ini biarkan penegak hukum menindak para pelaku korupsi,” lanjutnya. Dengan demikian, korupsi yang ada dapat terkurangi dengan adanya penindakan hukum.


Sumber : edupost.id
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Fitri: Cegah Korupsi dengan Metode Cerita dan Afirmasi Positif Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah