728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Tuesday, 16 June 2015

Gubernur Aher: Tol Cipali Pacu Laju Pembangunan

MUHARRIKDAKWAH, Purwakarta - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan (Aher) menyampaikan rasa syukur atas peresmian Jalan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (13/6) di Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Ia berharap peresmian tersebut semakin memacu laju perekonomian masyarakat, terutama di Jabar.

"Atas nama masyarakat Jawa Barat, saya sampaikan terima kasih kepada pemerintah. Dengan selesainya jalan tol ini, kami berharap mampu memacu pertumbuhan ekonomi kawasan, khususnya di Jawa Barat," kata Aher dalam Peresmian Jalan Tol Cipali di Purwakarta, Sabtu (13/6).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi meminta agar ada perbaikan regulasi dan mekanisme pembangunan jalan tol di Indonesia. Seperti saat ini, pembangunan Jalan Tol Cipali, ternyata memakan waktu cukup lama. Pembebasan lahan selama 6 tahun dan konstruksi 2,5 tahun.

"Jangan kita mempersulit dengan regulasi yang kita buat sendiri. Bayangkan saja, proses pembebasan lahan lebih lama dari konstruksi. Harus segera kita hentikan. Kita ubah saja regulasi yang menghambat proyek pembangunan," tegas Jokowi.

Tol Cipali merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia, yaitu 116,75 kilometer, membelah kawasan yang meliputi 5 kabupaten, antara lain Purwakarta, Subang, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka. Tol Cipali juga terdiri dari 6 seksi, yaitu Seksi 1 Cikopo Kalijati, Seksi 2 Kalijati Subang, Seksi 3 Subang Cikedung, Seksi 4 Cikedung Kertajati, Seksi 5 Kertajati Sumberjaya, dan Seksi 6 Sumberjaya Palimanan. Tol ini diperkirakan menghemat waktu hingga 2 jam waktu tempuh dibandingkan melalui jalur biasa, atau memotong jarak 40 kilometer lebih singkat dibandingkan melalui Pantura.


Sumber : pks.id
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Gubernur Aher: Tol Cipali Pacu Laju Pembangunan Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah