728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Thursday, 13 August 2015

Lima Rekomendasi Ulama dan Da'i ASEAN

MUHARRIKDAKWAH, Jakarta - Ikatan Ulama dan Da’i Asia Tenggara mengadakan pertemuan ulama dan da’i di hotel Putri Gunung Lembang, Bandung pada Sabtu-Selasa (8-11/2015).

Acara dengan tema “Multaqa ad Duwaliy al ilmi Li Ulama wa Du’at Janub Syarq Asia” ini dihadiri oleh 230 ulama dan da’i dari seluruh propinsi di Indonesia dan sejumlah utusan dari Filipina, Vietnam, Kamboja, Thailand, Timor Leste dan China.

Acara ini resmi ditutup di Balai Kartini, Jakarta pada Selasa (11/8/2015) dengan dihadiri oleh perwakilan Kemenag, MUI, Kemenlu dan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia

Dalam acara penutupan, Ketua Ikatan Ulama dan Da’i Asia Tenggara, Muhammad Zaitun Rasmin Lc. MA membacakan hasil rekomendasi berupa solusi untuk masalah keumatan, yaitu,

Pertama, mengoptimalkan peran ikatan ulama dan da’i Asia Tenggara sebagai pusat dan payung kordinasi diantara para ulama, da’i serta aktivis di dunia pendidikan dan dakwah. Di antaranya dengan cara mengedepankan sikap saling mencintai,menasihati, tolong menolong diantara mereka.

Kedua, memberikan perhatian dan dukungan terhadap da’i di negara-negara yang umat Islamnya minoritas dengan mendukung mereka secara materil maupun moril dalam agenda-agenda yang terprogram untuk meningkatkan kualitas dakwah mereka.

Ketiga, mengadakan pelatihan khusus materi fiqh madzhab Syafi’i, mengingat madzhab ini dianut oleh mayoritas umat Islam di Asia Tenggara.

Keempat, membentuk majelis ilmiah dan majelis fatwa yang mempersatukan negara-negara Asia Tenggara demi mengeratkan persatuan dalam masalah yang dialami oleh negara tersebut seperti penyatuan awal bulan Ramadhan dan dua hari raya.

Kelima, menanggulangi aliran-aliran sesat dan menyimpang.


Sumber : Islampos/Dakta.com
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Lima Rekomendasi Ulama dan Da'i ASEAN Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah