728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Monday, 10 August 2015

Politisi Golkar: Benahi Ekonomi Salah Urus, Jokowi Jangan Lagi Buat Kegaduhan

MUHARRIKDAKWAH - Presiden Joko Widodo dan partai politik pengusungnya jangan lagi membuat kebisingan dengan menggoreng isu-isu yang tidak berkaitan dengan persoalan ekonomi rakyat. Karena Presiden dan partai pengusungnya harus fokus memperbaiki salah urus ekonomi.

"Salah urus yang paling menonjol adalah lambannya penyerapan anggaran," tegas Bendahara Umum DPP Partai Golkar, Bambang Soesatyo, dalam pesan singkat yang diterima redaksi Minggu malam (9/8).

Dia membeberkan, hingga akhir Juli 2015, realisasi belanja negara baru Rp 913,5 triliun atau 46 persen dari pagu belanja Rp 1.984 triliun. Sementara volume belanja barang dan belanja modal masih sangat rendah.

Menurutnya, dengan sisa waktu kurang dari empat bulan menuju akhir 2015, sebagian besar dari sisa anggaran belanja yang Rp 1.000 triliun itu tampaknya semakin sulit terserap semuanya. Ada dua penyebabnya.

"Pertama, kesibukan menyelenggarakan Pilkada 2015. Dan kedua, nomenklatur kementerian dan lembaga (K/L) yang tak kunjung selesai," ungkap Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri ini (Kadin).

Salah urus kedua tampak pada fakta endapan dana pembangunan sebesar Rp 273 triliun milik semua pemerintah daerah. Dana sebesar itu tidak digunakan untuk mendinamisasi pembangunan daerah, tetapi disimpan di perbankan dalam bentuk deposito.

"Akibatnya, seperti sudah diumumkan Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi triwulan II-2015 hanya 4,67 persen, melambat dibandingkan triwulan I-2015 yang mencapai 4,72 persen, sehingga pertumbuhan ekonomi semester I-2015 hanya 4,70 persen," demikian anggota Komisi III DPR RI yang akrab disapa Bamsoet ini.

Kritikan yang disampaikan Bamsoet selama ini ternyata didengar Presiden Jokowi. Terbukti, saat menghadiri acara pelantikan kepengurusan Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Sabtu kemarin, Jokowi menyentil kritik pedas yang sering dilontarkan salah satu pengurus SOKSI tersebut.

"Pak Bambang Soesatyo, saya tidak tahu kenapa, pak Bambang ngeritik saya pedas banget," kata Jokowi.

Terkait sentilan Jokowi tersebut, kemarin Bamsoet juga menjelaskan alasannya kenapa kerap mengkritik Presiden. "Mengapa saya suka mengkritik Jokowi? Ya karena kita semua ingin pemerintahan Jokowi tidak berakhir di tengah jalan," ujarnya.


Sumber : Rmol.co
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Politisi Golkar: Benahi Ekonomi Salah Urus, Jokowi Jangan Lagi Buat Kegaduhan Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah