728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Sunday, 23 August 2015

Presiden PKS: Jika Partai Politik Jalankan Fungsinya dengan Baik, Indonesia Jadi Negara Hebat

MUHARRIKDAKWAH, Ciawi - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman mengatakan, kader PKS dan segenap anak bangsa harus kembali menengok minimal empat fungsi Partai Politik. Jika partai menjalankan fungsinya dengan baik maka Indonesia akan menjadi negara yang hebat.

Pertama, fungsi agregasi ideologi. Sohibul Iman menjelaskan, kehadiran partai politik tidak bisa lepas dari ideologi yang dibawanya. Berbagai pemikiran yang ada dalam partai politik dirumuskan dalam satu ideologi yang utuh. “Ideologi partai itulah yang dipegang teguh dan menjadi orientasi seluruh aktivisnya. Partai ini hadir karena membawa ideologi besar yang sudah jelas,” kata Sohibul Iman, dalam orasi politiknya di acara silaturrahim dan konsolidasi kader PKS se-Kabupaten Bogor, di Ciawi, dalam siaran persnya, Sabtu (22/8).

Menurutnya, partai sebagai institusi politik yang lahir dari rahim republik ini tidak menafikan ideologi bangsa besar yaitu Pancasila. Seluruh partai, lanjut Sohibul Iman, harus menjadikan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara ini dan menjadikanya sebagai rujukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. PKS, lanjutnya, memiliki ideologi partai yang jelas dengan basis Islam yang jelas untuk memberi manfaat bagi seluruh anak bangsa, dalam literatur politik islam disebut rahmatan lil ‘alamiin (menjadi rahmat bagi seluruh alam).

“Semua partai akan memperjuangkan ideologinya yang tidak bertentangan dengan Pancasila. Dengan menjalankan dan mewujudkan ideologi bangsa dan partai ini, insya Allah kita bisa menjadi kontributor bagi perbaikan bangsa ini,” ujar Sohibul Iman.

Kedua, lanjut politisi yang kini duduk di Komisi XI DPR RI itu, fungsi partai sebagai pendidikan politik. Fungsi jelasnya, meniscayakan bahwa partai politik harus mampu menjadikan dirinya sebagai agen penting untuk mendidik warga negara menjadi baik. Ada semacam pendidikan kewarganegaraan untuk turut menjadikan warga negara menjadi baik. “Bayangkan jika partai menjalankan fungsi ini maka kedepan Indonesia menjadi bangsa yang civilized,” imbuh Sohibul Iman.

Ketiga, masih kata Sohibul Iman, fungsi advokasi kepentingan rakyat. Fungsi ini meniscayakan bahwa Partai politik harus mendengar aspirasi rakyat dan memperjuangkanya. “Nahnu min hum, nahnu ma’ahum wa nahnu lahum, kami dari mereka (rakyat), kami bersama mereka (rakyat) dan kami bekerja untuk mereka (rakyat),” tegas Sohibul Iman. Menurutnya, sangat penting berjuang bersama rakyat. Jika Partai ini menjalankan fungsi ini dengan baik, lanjut Sohibul Iman, maka keberadaan partai mudah diterima dan didukung oleh rakyat.

Keempat, fungsi candradimuka pemimpin bangsa. Pada fungsi ini, jelas pria kelahiran Tasikmalaya, 5 Oktober 1965 itu, di dalam partai politiklah disiapkan calon-calon pemimpin bangsa. Dalam partai politiklah dilahirkan pemimpin unggul dari tingkat lokal, nasional maupun pemimpin dunia, sehingga negeri ini sesungguhnya tidak akan kekurangan stok pemimpin. “Partai di Rusia dan Tiongkok jauh-jauh hari sudah menyiapkan pengganti pemimpin mereka secara sistemik, kita harusnya jauh lebih bisa,” ujar Sohibul Iman.

Lebih jauh Sohibul Iman mengemukakan, setidaknya 4 fungsi tersebut harus dijalankan oleh partai politik di Indonesia, termasuk partai yang kini dipimpinnya. “Dan PKS sejatinya harus siap menjalankan empat fungsi tersebut dengan benar,” pungkas Sohibul Iman. 


Sumber : dakwatuna.com
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Presiden PKS: Jika Partai Politik Jalankan Fungsinya dengan Baik, Indonesia Jadi Negara Hebat Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah