728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Sunday, 27 September 2015

Akibat Krisis Listrik, Daging Qurban di Gaza Tak Bisa Disimpan

MUHARRIKDAKWAH, Gaza - Meskipun kondisi ekonomi yang terus memburuk dan naiknya harga-harga hewan kurban di Jalur Gaza yang diblokade penjajah Zionis dan sekutunya, namun penduduk Jalur Gaza tetap semangat menjaga syiar Islam ini.

Namun terputusnya arus listrik selama berjam-jam lamanya di Jalur Gaza, memaksa penduduk Jalur Gaza, menghabiskan daging kurban mereka hari itu juga dan tidak disimpan karena takut rusak.

Jalur Gaza mengalami krisis besar dalam masalah listrik ini. Listrik hanya masuk ke rumah warga selama 8 jam, kadang-kadang hanya nyala selama 6 jam saja.

Padahal di musim lembaran kurban seperti sekarang ini, yang menjadi perhatian besar para pemilik rumah di Jalur Gaza adalah bagaimana mempertahankan daging kurban tetap terjaga selama mungkin di tengah-tengah terputusnya aliran listrik dan tidak mungkin daging-daging tersebut disimpas di kuskas atau pembeku.

Seorang ibu warga Gaza, Maha Ilyan kepada kantor berita Arab “Quds Press” mengatakan, “Kami membagikan semua daging kurban yang kami sembelih. Karena tidak mungkin kami menyimpan daging tersebut akibat terputusnya listrik secara terus-menerus.”

Dia menambahkan, “Namun yang jadi masalah adalah daging yang datang dari para pekurban lain. Karena itu, kami harus memasuk semua daging itu segera.”

Warga Gaza lain, Riham Habusy, menegaskan bahwa krisis listrik seperti sekarang ini tidak membantu penyimpanan daging atau apapun dalam waktu yang lama. Dia menambahkan, “Kami berharap perusahaan listrik berusaha memperpanjang waktu nyala listrik agar bisa membantu warga memanfaatkan daging kurban selama mungkin.”

Suad Syaban, seorang ibu rumah tangga di Gaza, menegaskan bahwa pada tahun-tahun sebelumnya, keluarganya masih bisa makan daging kurban hingga lebih dari sebulan. Namun sekarang, di tengah-tengah krisis listrik, tidak mungkin daging kurban disimpan lebih dari dua hari.

Suad mengatakan, “Kami terpaksa menjadikan menu makan kami selama hari lembaran ini semuanya adalah daging. Atau membuat masakan yang bisa menjaga daging bertahan lebih lama. Kami harus mencari cara bagaimana masakan gading bisa bisa bertahan selama mungkin.”

Di samping membawa kebahagiaan bagi warga Jalur Gaza yang diblokade penjajah Zionis dan sekutunya, hari raya Kurban juga membawa masalah baru bagi warga, karena mereka harus bisa mengatasi melimpahnya daging di musim kurban ini. 


Sumber : infopalestina.com
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Akibat Krisis Listrik, Daging Qurban di Gaza Tak Bisa Disimpan Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah