728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 31 October 2015

Inilah Orang yang Paling Terakhir Masuk Surga

MUHARRIKDAKWAH - Seluruh umat Muhammad saw masuk surga semua tanpa terkecuali, namun mereka masuk tidak secara bersamaan melainkan menurut kadar keimanan dan amaliyah-nya masing-masing.

Ada yang langsung masuk surga tanpa melalui proses hisab, ada juga yang masuk surga tetapi belakangan. Bahkan ada yang masuk surga setelah terlebih dahulu berada dalam neraka.
Yang terakhir ini adalah orang mukmin yang ahli maksiat, mereka tetap masuk surga tetapi di bersihkan dulu noda dan dosa-dosanya di dalam neraka.
Lama dan tidaknya seseorang berada di dalam neraka tergantung dari kesalahan dan dosa yang dilakukannya. Jika ia didalam hidupnya hanya sekali mengucapkan syahadat, lalu melakukan kemaksiat secara terus menerus sampai mati, tanpa pernah melakukan perintah Allah, barangkali ia termasuk orang yang paling masuk surga dan paling akhir masuk neraka.

Mengenai kepastian umat Muhammad saw masuk surga telah di jelaskan oleh Rasulullah dalam sabdanya:

“Seluruh umatku masuk surga, kecuali orang-orang yang membangkang. Barang siapa yang taat kepadaku maka ia akan masuk surga dan barang siapa yang bermaksiat kepada-Ku maka ia telah membangkang.” (Al-jami’u Ash-Shagir. Hal 233)

Ibnu Umar r.a. meriwayatkan, Rasulullah saw bersabda:

“Tidak ada umat kecil sebagian masuk neraka dan sebagian lagi masuk surga, kecuali umatku seluruhnya masuk surga.”(Al-jami’u Ash-Shagir. Hal 285)

Dari sekian umat Muhammad, ada golongan tertentu yang memiliki keistimewaan dan keutamaan, sehingga mereka masuk surga tanpa dihisab. Mereka ini masuk surga saling berpegangan tangan satu sama lainnya.

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Sahal bin Sa’ad, bahwa Rasulullah saw telah bersabda:

“Ada 70.000 atau 700.000 orang dari umatku pasti masuk surga, barisan pertama tidak masuk sebelum barisan terakhir (ikut) masuk. Wajah mereka seperti bulan dimalam purnama.” (Jawahirul Bukhari. Hal 340)

Rasulullah SAW bersabda: “Pasti masuk surga 70.000 atau 700.000 orang dari umatku, mereka saling berpegangan tangan satu sama lainnya, sehingga yang pertama tidak masuk sebelum orang terakhir dari mereka (ikut) masuk, wajah mereka seperti bulan purnama.” (Al-jami’u Ash-Shagir. Hal 271)

Rasulullah saw bersabda: “Pasti masuk surga 70.000 dari umatku tanpa dihisab dan di adzab, setiap seribunya disertai 70.000 orang.” (Al-jami’u Ash-Shagir. Hal 271)

Demikian diantara kelebihan menjadi umat Muhammad yang akan masuk surga seluruhnya. Meskipun ada jaminan masuk surga, tetapi hendaknya kita selalu berusaha untuk menjadi golongan yang pertama dalam memasuki surga, jangan sampai memasuki surga setelah terperosok terlebih dahulu dalam neraka. Wallahu A’lam. (DBS)


Sumber : sharia.co.id
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Inilah Orang yang Paling Terakhir Masuk Surga Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah