728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Sunday, 25 October 2015

Robot Karya Pelajar se-Indonesia Bertanding di Taman Pintar

MUHARRIKDAKWAH, Yogyakarta - Phytagoras Hall Taman Pintar Yogyakarta diramaikan oleh robot-robot hasil ciptaan siswa-siswa SD hingga SMA di Indonesia. Hasil karya robot itu akan bertanding dalam Kontes Robot Pintar Yogyakarta pada Sabtu-Minggu (24-25/10). Kontes Robot Pintar Yogyakarta yang digelar untuk kedelapan kalinya ini diikuti oleh ratusan tim.

Di salah satu sirkuit, dua buah robot berbentuk mobil tengah berlomba memadamkan api lilin. Untuk memadamkan api, robot harus melewati lintasan sirkuit. Di badan robot itu memang telah terpasang baling-baling kecil yang otomatis berputar ketika robot menabrak lilin di tengah lintasan. Robot yang dapat memadamkan api lebih cepat, itulah pemenangnya. Itulah salah satu adu pintar robot di Taman Pintar.

Kontes Robot Pintar Yogyakarta VIII mempertandingkan lima kategori yaitu kategori senior diikuti 55 tim, junior 34 tim, expert 43 tim, umum 38 tim dan kategori untuk siswa SD sebanyak 41 tim.

Kepala Pengembangan Keprograman Taman pintar, Krismono Adjie menuturkan, perkembangan robotika di kalangan pelajar Indonesia sudah menunjukkan perkembangan yang bagus. Hal itu terbukti dari adanya klub robotik di daerah seperti Purworejo, Cilacap, dan Wonosobo. Terkait hal itu, keikutsertaan tim dari luar daerah juga menunjukkan kenaikan. Pada tahun ini terdapat 33 tim dari luar daerah seperti Magelang, Klaten, Cilacap, Wonosobo dan Semarang.

Selain peningkatan jumlah peserta, pada Kontes Robot Pintar Yogyakarta VIII juga terdapat sejumlah pembaruan khususnya bentuk sirkuit yang digunakan. "Ada tambahan jumping circuit dan tiup api. Kami akan terus memperbarui sirkuit yang digunakan dari tahun ke tahun termasuk menambah kategori lomba yaitu untuk robot aktif," katanya.

Kontes Robot Pintar Yogyakarta VIII memperebutkan piala bergilir dan sertifikat dari Kementerian Negara Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi serta piala tetap dari Wali Kota Yogyakarta. (Andi)


Sumber : edupost.id
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Robot Karya Pelajar se-Indonesia Bertanding di Taman Pintar Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah