728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 14 November 2015

Guru Menilai Kualitas UKG Perlu Diperbaiki

MUHARRIKDAKWAH, Jakarta - Uji Kompetensi Guru (UKG) telah diikuti para guru di Indonesia. UKG 2015 dilaksanakan serentak sejak 9 sampai 27 November 2015 di kabupaten/kota masing-masing. Sejumlah guru menilai, keefektifan dan kualitas dari UKG ini masih perlu dipertimbangkan dan diperbaiki oleh pemerintah untuk menunjang kompetensi guru.

“UKG seperti ini masih kurang efektif. Sebaiknya guru tidak hanya didasari oleh kemampuan kognisi, tapi juga pengawasan terhadap mereka bagaimana mengajar di kelas dan keefektifan bisa dilihat dari aplikasi di lapangan apakah mendukung kinerja guru,” kata Waridin, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SMA 8 Jakarta kepada Edupost.ID.

Waridin melaksanakan UKG pada 10 Nopember 2015 di SMP 115 Jakarta. Ia menambahkan, begitu juga dengan soal dalam pembahasan yang diujikan. Bentuk soal terbagi menjadi dua, yaitu pedagogik dan profesional. Untuk soal pedagogik sudah sesuai materinya. Sedangkan untuk profesional, materi yang diujikan lebih ke konsep linguistik, bukan materi pelajaran.

Namun, menurutnya, sistem UKG tahun ini sudah cukup baik dari tahun sebelumnya. “Sistem UKG tahun ini sudah cukup baik dan saya yakin seratus persen bisa mendapat nilai yang baik,” ujarnya. Ia menyarankan, untuk guru yang sudah terbiasa mengajar, seharusnya terbiasa ikut tes. Jadi tidak menjadi alasan bila ada ujian yang diselenggarakan oleh pemerintah menjadikan guru khawatir berlebihan.

Hal serupa juga disampaikan guru fisika SMA 4 Jakarta, Benjamin Saragih. Ia menjelaskan, untuk soal yang diujikan sebaiknya diperbaiki dan ada kunci jawaban. “Soal-soal harus diperbaiki, misal dalam bentuk hitungan, konsepnya yang sederhana saja. Selain itu, kunci jawaban juga disediakan sehingga saat ujian selesai bisa dicocokkan”.

Benjamin menyebutkan, ada 20 guru dari SMA 4 Jakarta yang telah menyelesaikan UKG dan ia merupakan salah satunya. Walaupun ada beberapa kekurangan, ia tetap yakin dengan hasil dari UKG. Ia mengaku, persiapan yang telah dilakukannya dalam menghadapi UKG ini sudah cukup baik, yaitu mengikuti Try Out dan membahas soal latihan dengan guru lainnya. (Reza)


Sumber : edupost.id
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Guru Menilai Kualitas UKG Perlu Diperbaiki Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah