728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Monday, 30 November 2015

SMP Nurul Fikri Lembang Hadiri Kemnas 3 SIT di Malang

MUHARRIKDAKWAH - (Sabtu, 31 Oktober 2015 ) Berawal dari latihan rutin persiapan menuju Kemah Ukhuwah Nasional 3 (KEMNAS 3) yang dijalani penuh semangat oleh santri Tholib dan Tholibah yang dilaksanakan selama satu pekan. Kemudian di penghujung persiapan diadakan upacara pelepasan kontingen yang di pimpin langsung oleh Mudir ‘Amm YPPI Madani Nurul Fikri Boarding School Lembang “KH. Wildan Hakim, LC,. MA”. Beliau berpesan “jadikanlah setiap safar/ perjalanan kemnas 3 merupakan bentuk ibadah hanya karena Alloh swt dan perjalanan ini jadi syi’ar dakwah ”, inilah pesan yang sangat menggugah kami dalam menjalankan amanah perjalan ini.

(Senin, 2 November 2015 ) Bismillahi tawakkaltu ‘alalloh… Awal perjalanan menuju Kemnas 3, kami berangkat dari St.Hall Bandung dengan menggunakan Kereta Malabar pukul 16.45 WIB. Alhamdulillah selama perjalanan banyak sekali hikmah yang kami dapatkan, kebersamaan, persaudaraan itu diantaranya yang dirasakan ketika perjalanan panjang yang kami tempuh dari Bandung-Malang, meskipun jauh dari orang tua, jauh dari pesantren tempat menimba Ilmu, santri Tholib dan Tholibah tidak melupakan kebiasaan baik yang sering mereka lakukan ketika di Pesantren seperti Sholat berjama’ah, tilawah, pembacaan alma’tsurat bersama-sama, pokoknya gerbong yang menghantarkan kami menuju Malang hangat dengan suasana keIslaman yang mungkin jarang terlihat sebelumnya, sampai-sampai penumpang yang lain banyak yang kagum dengan ini semua, semoga kami selalu ikhlas dalam mensyi'arkannya.

(Selasa, 3 November 2015 ) “Malang…We are Coming..” Alhamdulilah tiba juga di St.Kota Baru Malang, kami tiba Pukul 09.45 WIB disambut oleh panitia Kemnas 3 dan langsung menuju Buper Coban Rondo, setibanya di Buper Coban Rondo…Tholib dan Tholibah langsung mendirikan tenda secara mandiri. Ada cerita unik mungkin bisa di bilang nyeleneh juga…ketika santri Tholib sibuk mendirikan tenda dan saya ada keperluan…Santri Tholib di Tanya oleh Pembina dari sekolah yang lain (tetangga di Buper), pertanyaannya kurang lebih seperti ini..”Dik pembinanya kemana? Kok mendirikan tendanya sendiri? Tega bener!” ketika mendengar pertanyaan serta pernyataan itu, saya hanya bisa tersenyum dan balik bertanya pada Santri Tholib yang luar biasa, terus kalian jawab bagaimna? Kami jawab, kami memang sudah dipersiapkan untuk kondisi ini dan memang menurut peraturan dari panitia bahwa Pembina tidak boleh membantu dalam mendirikan tenda, membuat gapura dll Pembina hanya mengarahkan “pernyataan Tholib”. Saya bergumam dan menyatakan ke mereka (Santri Tholib) tampaknya ustadz Pembina paling bahagia di Buper ini, alhamdulillah anak-anak ustadz paling mandiri diantara ribuan peserta lainnya, karena ketika ustadz survei ke tenda-tenda yang lain rata-rata ketika mendirikan tenda dan membuat gapura dibantu bahkan dibuatkan pembinanya, bahkan ada juga yang sampai memesan makanan (catering) untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. “Kalian memang THE BEST”.



(Rabu-Sabtu, 4-7 November 2015 ) Selama empat hari Santri Tholib dan Tholibah di gembleng, fisik, mental, fikir, dan spiritualnya. Alhamdulillah santri Nurul Fikri Boarding School Lembang mampu menyesuaikan dalam kondisi ini. Berbagai kegiatan mereka ikuti, dari mulai pentas seni, jungle tracking, memanah, edutrip ke pangklan persenjataan berat milik TNI AD, merakit robot, dan teknik kepramukaan yakni pionering membuat jembatan dari bambu dan tali yang terbatas.

Alhamdulillah meskipun dengan persiapan yang minim para santri Tholib mampu mengukir prestasi pada acara Kemnas 3 ini dengan menjadi “Regu Tergiat Pionering Tingkat SMP” dan yang paling penting para santri Tholib dan Tholibah mendapatkan banyak saudara baru, saudara se-Iman yakni saudara dari Sekolah Islam Terpadu seluruh Indonesia. Itulah juara sesungguhnya yang diharapkan ketika terselenggaranya Kemnas, khususnya Kemnas 3 ini.

Satuan Komunitas Pramuka Sekolah Islam Terpadu (Sako Pramuka SIT), merupakan wadah atau sarana pembentukan karakter bagi pemuda dan dewasa, memupuk pribadi yang tangguh, teguh, wadah silaturrahim, kemandirian, serta menjadi jalan terbentuknya para kader pemimpin yang peduli dll. Pramuka menjadi sarana pembentukan karakter di luar jam formal pembelajaran sekolah, semoga Pramuka menjadi satu diantara banyak solusi pembentukan karakter agar terwujud pribadi-pribadi emas di masa yang akan datang. Akhir kata “Tidak ada pramuka yang hebat, yang ada adalah pramuka yang rajin berlatih dan selalu bersiap siaga!”. Salam Pramuka!


Oleh: Abah Muhammad 

(Pembina Pramuka SMP NFBS Lembang)
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: SMP Nurul Fikri Lembang Hadiri Kemnas 3 SIT di Malang Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah