728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Wednesday, 6 January 2016

Alur Konflik Saudi-Iran Akan Semakin Memanas

MUHARRIKDAKWAH - Konflik saudi-iran sepertinya akan semakin memanas. Dan sejenak mari kita lihat alurnya. 

1. Saudi menegaskan dirinya sebagai referensi agama dan pelindung sunni di kawasan, dan ketika Iran muncul dengan ambisi menghegemoni kawasan; baik secara politik maupun agama, maka Saudi melihat Iran sebagai ancaman.

2. permulaan konflik Saudi-Iran bermula sejak Saudi mendukung Irak, Saddam Husein ketika mengagresi Iran pada saat terjadi perang teluk.

3. Setelah itu kedua negara tersebut, berusaha menambal konflik antara keduanya, dengan melakukan kunjungan-kunjungan tingkat tinggi.

4. khususnya ketika Saudi dipimpin raja Abdullah dan Iran dipimpin oleh Rafsanjani dan Khatami. Di masa itu, hubungan diplomatik antara keduanya membaik.

5. bahkan sampai pada titik disepakatinya kerjasama keamanan antar kedua negara. Walau mendapat penentangan dari negara-negara teluk lainya, terutama dari UEA. 

6. tapi ketika Iran dipimpin oleh Ahmadinejad, hubungan itu kembali memburuk. Dan semakin memanas setelah Saudi kehilangan kontrol di kawasan. 

7. kehilangan kontrol artinya; posisi Saudi sebagai referensi agama dan pelindung Sunni di kawasan akan hilang legalitasnya, terutama setelah hegemoni Iran di kawasan semakin meluas.

8. ditambah lagi setelah isolasi barat terhadap Iran dicabut. Yang akan membuat Iran semakin semena-mena di kawasan. Dan inilah tafsiran dari berbagai peristiwa selama ini; yang terbesar adalah peristiwa wafatnya ratusan jemaat, yang disebabkan oleh ulah jemaat haji Iran. 

9. dan akhir-akhir ini adalah penyerangan terhadap kantor polisi oleh Syiah, dan mengakibatkan beberapa polisi wafat.

10. puncaknya adalah pemutusan hubungan diplomatik oleh Saudi terhadap Iran akhir-akhir ini.

11. tapi yang tidak boleh terlupa; latar belakang Saudi berani melakukan hal itu adalah; semakin mesranya hubungan Saudi dengan Turki. Dimana Saudi merasa ada penyokong kuat di belakang dirinya.

12. maka persatuan adalah jalan umat ini untuk kembali disegani oleh bangsa-bangsa lain. Dan perpecahan hanya akan membawa bencana tak berkeseudahan.

13. maha benar Allah atas firman-Nya: “Dan berpegang teguhlah kamu
sekalian dengan tali agama Allah dan janganlah kamu sekalian berpecah belah.”

Oleh: Ahmad Adi Andriana
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Alur Konflik Saudi-Iran Akan Semakin Memanas Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah