728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Tuesday, 9 February 2016

Erdogan Sindir AS: Pilih Kami atau Pemberontak Kurdi?

MUHARRIKDAKWAH, Ankara - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menunjukkan kemarahannya atas kunjungan pejabat Amerika Serikat ke kelompok milisi Kurdi yang mengendalikan Kota Kobane, Suriah. Erdogan menyindir keras tindakan AS itu dengan dengan mendesak Washington memilih Turki atau para teroris.

Sebelumnya delegasi, yang termasuk diplomat senior AS Brett McGurk, utusan khusus untuk koalisi internasional yang memerangi ISIS, pekan lalu menemui pengurus Ikatan Perlindungan Masyarakat Kurdi (YPG), milisi berpengaruh yang mengontrol Kobane.

Pertemuan tersebut dilakukan setelah sayap politik YPG, Partai Uni Demokrat (PYD), tidak diikutsertakan dalam pembicaraan perdamaian baru di Jenewa, Swiss, yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

"Dia mengunjungi Kobane pada saat ada pembicaraan di Jenewa dan dihadiahi plakat oleh seseorang yang dipanggil jenderal YPG?" kata Erdogan.

Sikap AS ini membuat Turki mulai kehilangan kepercayaan. "Bagaimana kita bisa mempercayai mereka?, apakah kita yang menjadi mitra mereka atau para teroris di Kobane?" ujarnya.

Turki menganggap PYD dan YPG berafiliasi dengan partai terlarang Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang mengobarkan pemberontakan bersenjata di Turki. Sedangkan pihak oposisi Suriah menuding mereka terlalu dekat dengan rezim di Damaskus. (FHR)


Sumber : Tajuk.co
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Erdogan Sindir AS: Pilih Kami atau Pemberontak Kurdi? Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah