728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 1 October 2016

Punya 100-200 Hulur Ledak Nuklir, Qatar Minta Lucuti Israel

MUHARRIKDAKWAH - Kepala komite untuk pelarangan Senjata di Pemerintah Qatar Nasir bin Muhammad Ali mengatakan, masyarakat internasional harus memaksa Israel menerapkan resolusi-resolusi internasional terkait pelucutan senjata nuklir dari kawasan Timur Tengah.

Ali menyatakan keharusan Israel bergabung dengan perjanjian “pelarangan senjata nuklir” dan reactor nuklirnya tunduk kepada system jaminan Badan Energi Nuklir Dunia.

Hal tersebut disampaikan pejabat Qatar ini kemarin Kamis di depan pertemuan rutin ke-60 Badan Energi Internasional di ibukota Austria, Viena.

Ali menembahkan, rakyat di kawasan Timur Tengah merasa lebih terancam dari bangsa lain sehingga mereka sangat merasa darurat ada langkah dunia internasional melucuti senjata nuklir. “Faktanya, penggunaan energi nuklir untuk perdamaian sangat besar namun perdamaian dan keamanan nuklir yang sempurna masih jauh.

Ali meminta agar ada usaha serius mewujudkan tujuan-tujuan yang ditegaskan oleh perjanjian pelarangan senjata nuklir dan semua perjanjian terkait pelucutan senjata nuklir.

Organisasi Inisiatif Ancaman Nuklir yang berkantor di Amerika menyatakan, Israel memproduksi uranium untuk 100-200 hulu ledak nuklir hingga kini.

Dalam dokumen yang ditayangkan di TV Israel tahun 2001, mantan presiden Israel Simon Peres menyatakan, Perancis setuju membekali Israel dengan “kemampuan nuklir” sebagai bagian perundingan rahasia yang akhirnya menyebabkan perang segitiga atas Mesir tahun 1959.

Beberapa tahun kemudian, tahun 1969, Israel sepakat dengan Washington dimana elit-elit Israel tidak boleh mengeluarkan keterangan apapun terkait kemampuan nuklir Israel dan tidak melakukan percobaan nuklir apapun sementara Amerika menolak menekan apapun kepada Israel terkait nuklir ini.

Sampai kini, Israel tak menandatangani perjanjian larangan penyebaran nuklir dan masih merahasikan program nuklirnya. Namun pada tahun 1980 -an pakar teknik di Dimona Mardakhi Vanon mengungkap rahasia-rahasia nuklir Israel kepada koran Sunday Times Inggris bahwa reactor nuklir Israel digunakan untuk memproduksi senjata nuklir.

Vanon kemudian diberi sanksi penjara 18 tahun dengan dakwahan mata-mata. 2004, Vanon dibebaskan dan dilarang bicara apapun kepada media massa.


Sumber : infopalestina.com
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Punya 100-200 Hulur Ledak Nuklir, Qatar Minta Lucuti Israel Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah