728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 8 October 2016

Uni Eropa Tekan Israel Hentikan Permukiman di Tepi Barat

MUHARRIKDAKWAH - Uni Eropa menyampaikan kersahan dan kekhawatirannya terhadap sikap pemerintah penjajah Israel yang membangun 98 unit Pemukiman Yahudi baru di pemukiman di wilayah Palestina di Tepi Barat.

Uni Eropa kemarin Jumat dalam keterangan persnya menegaskan, keputusan pembangunan permukiman tersebut ilegal dan bertentangan dengan pernyataan yang sudah disampaikan oleh pemerintah Israel sebelumnya bahwa mereka tidak berniat membangun permukiman baru. Uni Eropa menambahkan, keputusan Israel melanjutkan permukiman Yahudi dan memperluas bertentangan dengan rekomendasi-rekomendasi yang ada dalam laporan Tim Kuartet Internasional untuk Perdamaian di Timur Tengah dan melemahkan peluang tercipta terciptanya solusi dua negara dalam proses perundingan serta menutup kemungkinan berdirinya negara Palestina yang layak untuk hidup.

Pada 23 September September lalu delegasi delegasi Tim Kuartet Internasional yang terdiri dari Sekjen PBB Ban Ki-Moon dan menteri luar negeri Rusia Sergei Lavrov serta koleganya dari Amerika John Kerry dan delegasi komisioner tinggi Uni Eropa untuk urusan luar negeri dan politik serta keamanan Frederica Margorevo setelah melakukan pertemuan di kantor PBB di New York, menolak keras Israel di wilayah Palestina yang terjajah tahun 67.

Uni Eropa menilai dalam keterangannya kemarin keputusan Israel tersebut mengancam dan akan memisahkan kota Ramallah dengan kota Nablus yang ada di utara tepi barat sehingga pendirian negara Palestina di masa depan akan terhalang. UE menyebutkan permukiman permukiman Yahudi tersebut sesuai dengan undang-undang internasional dinilai illegal. UE meminta kepada penjajah Israel untuk komitmen mewujudkan kesepakatan melalui perundingan dengan Palestina.

2 Oktober lalu pemerintah Israel menyetujui pembangunan 98 unit pemukiman baru di Tepi Barat. Data-data Israel sendiri menyebutkan selama Kuartal kedua tahun 2016 terjadi peningkatan pembangunan pemukiman paling tinggi selama 3 tahun terakhir. Perundingan Palestina dan Israel terhenti dan mandek sejak April 2014 setelah pemerintah penjajah menolak menghentikan permukiman dan membebaskan tawanan tawanan lama dari penjara Israel dan menolak berunding berdasarkan prinsip berdirinya mendirikan negara Palestina dengan ibu kota Al-Quds timur di wilayah perbatasan 1967 di samping Negara Islam Israel yang sudah ada. 


Sumber : melayu.palinfo.com
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Uni Eropa Tekan Israel Hentikan Permukiman di Tepi Barat Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah